ULANGAN HARIAN KE-1 PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
KELAS X SEMESTER GENAP
I. SILANGLAH SATU JAWABAN YANG PALING BENAR !
1. Bung Karno suka memakai lambang banteng Ketaton atau ….
a. banteng terluka c. banteng beton e. banteng moncong putih
b. banteng keraton d. banteng marathon
2. Maksud dari lambang banteng ketaton adalah …..
a. banteng yang tidak mengenal putus asa d. banteng penurut
b. banteng yang besar dan kuat e. banteng yang tak bisa mati
c. banteng yang yang tua
3. Semangat ingin lebih baik, semangat pantang mundur demi hidup yang baik disebut….
a. magis b. majik c. maknik d. semangat ’45 e. semangat berkobar
4. Jika kita ingin maju, mengikuti gerak pantang mundur, maka kita harus……
a. mewujudkan nilai-nilai dan moral d. selalu bersabar dalam hidup
b. jawaban a dan c benar e. jawaban a, b dan d benar
c. berperilaku baik dan bertindak menurut prioritas
5. Berikut ini adalah hal-hal yang tidak termasuk mencemari nilai –nilai ….
a. pandangan-pandangan d. pikiran-pikiran yang sektoral
b. pikiran-pikiran yang bersifat sempit e. pikiran-pikiran yang tidak universal
c.pikiran-pikiran yang mengglobal
6. perhatikan pernyatan berikut !
a. keberanian
b. antusias
c. membela kebenaran
d. kejujuran
e. kebenaran
Nilai-nilai positif yang wajib diperjuangkan dalam hidup adalah…..
a. a, c dan d d. a, b dan c
b. a, b dan d e. b, c dan e
c. b, c dan d
7. Tanggung jawab adalah…….
a. kewajiban yang harus dilakukan
b. tanggungan yang harus dijawab oleh kita
c. tanggungan seseorang dalam hidup
d. tuntutan untuk melakukan hak dan kewajiban
e. melakukan tugas-tugas dan apa saja yang telah kita janjikan
8. Manfaat dari peraturan-peraturan yang telah dibuat adalah untuk melatih kita……
a. jujur b. punya integritas c. disiplin d. rajin e. tabah
9. Berani mengubah perilaku, pikiran, sikap, tata nilai demi perkembangan diri merupakan nilai-nilai kehidupan yang perlu diperjuangkan untuk…….
a. tidak jatuh c. tetap bisa hidup e. kuat
b. menjadi pribadi yang tangguh d. memiliki integritas
10. Stepping stone adalah tonggak batas …….
a. tumbuh kembang c.kemandirian e.perkembangan anak-anak
b.masa pertumbuhan d.kehidupan
11. Yang tidak termasuk sikap kritis adalah …….
a.ciri kedewasaan c.berefleksi e.mampu melihat soal dari berbagai sudut pandang
b.berafeksi d. mampu bernalar secara mandiri
ULANGAN HARIAN KE-2 PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
KELAS X SEMESTER GENAP
1. Suatu tuntutan untuk bertindak benar , menjauhi yang salah, dan berasal dari hati, disebut….
a.tuntutan hati b.suara hati c.kehendak pikiran d.pikiran yang benar e.kehendak hati
2.Sarana yang tidak dapat digunakan untuk mendidik suara hati adalah……..
a.membaca buku-buku bermutu d.kitab suci
b.menonton film-film yang mendidik e.teman-teman sepermainan
c.mencari informasi yang dapat diandalkan dari para pakar
3. Salah satu syarat dalam mendidik suara hati adalah……..
a.harus adanya dukungan dari banyak pihak c.dukungan keluarga e.dukungan lingkungan
b.hasrat ingin tahu/belajar terus d.sesuai kemauan diri
4.Ciri-ciri seseorang yang bersikap terbuka adalah………….
a.ada kemauan b.pantang menyerah c.hasrat untuk selalu belajar e.suka mengkritik d.suka cerita tentang hidupnya
5.Hambatan paling tangguh dalam proses menuju kedewasaan adalah mekanisme……
a.kehidupan b.membentengi diri sendiri c.masa pubertas d.penghambat e.stapping stone
6.Akibat dari konflik dan persoalan yang dihadapi tidak diatasi akan…………
a.sangat bahaya sekali d.selalu buat strees
b.menyusahkan proses tumbuh kembang e.membuat suatu dilema
c.mendatangkan banyak masalah baru
7. Seringkali suara hati menjadi tumpul karena pintu hati tertutup rapat. Hal ini disebabkan karena…..
a.seringkali tidak mengindahkan kata hati b.pergaulan e.hati tak mau bicara
b.suka menonton c.kurang belajar
8.Rasa diri kecil dan tidak berharga disebabkan karena nilai-nilai yang selama ini dihayati adalah,
kecuali…….
a.tata nilai yang rendah b.jauh dari nilai-nilai luhur c.kerdil d.bersikap malas e.terlalu susah
9.Kemampuan mengambil keputusan yang tepat memerlukan aspek-aspek di bawah ini, kecuali……
a.pikiran yang jernih b.hati yang jujur c.penilaian e.kemauan yang kuat d.kedamaian hati
10.Mendidik suara hati sangat diperlukan sekali terutama dalam menghadapi……………
a.pengaruh negatif dari kelompok represif b.ulangan sekolah c.kehidupan sehari-hari d. musuh e.orang tua ULANGAN HARIAN KE-3 PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
KELAS X SEMESTER GENAP
1.Contoh lingkungan budaya yang tidak mendukung adanya teladan yang baik adalah……………….
a.pasar b.pelabuhan c.terminal d.pemukiman warga e. jawaban a,b,c benar
2. Yang bukan merupakan hambatan dari diri sendiri dalam melakukan konfrontasi total terhadap mekanisme membentengi diri sendiri adalah…………….
a.bersifat perfeksionis c.minimalis e.malas, suka menunda pekerjaan
b.tidak realistis d.salah pergaulan
3.Yang merupakan hambatan dari luar diri dalam melakukan konfrontasi total terhadap mekanisme membentengi diri sendiri adalah…………….
a. minimalis d.tidak melihat kenyataan atau tidak realistis
b.keengganan menanggung resiko e.cenderung menyalahkan orang lain
c. lingkungan yang jauh dari nara sumber yang tahu pendidikan
4.Cara untuk keluar dari mekanisme membentengi diri sendiri adalah….
a.memakai topeng kehidupan c.menjadi pribadi yang tangguh e.disiplin
b.mengolah diri sendiri d.optimisme
5.Kerdil berarti suka cita rasa rendah, maksudnya adalah……..
a.cita-cita yang terlalu rendah c.bermoral ganda e.suka rendah diri yang berlebihan
b.jauh dari cita rasa luhur,perilaku terpuji d.mudah tersinggung
6.Proses pendalaman untuk mengoreksi diri dapat menggunakan………..
a.orang-orang berpengalaman b.tes psikologi c.teman sebaya d.bacaan-bacaan favorit e.kuis
7.Akar abnormalitas sifat-sifat yang dimiliki biasanya bermuara pada rasa…………
a.tersinggung yang tinggi c.diri kecil dan tidak berharga e.yang tidak wajar
b.kemalasan d.yang tidak realistis
8.Perkembangan ke arah kedewasaan tidak dihambat oleh…………
a.konasi tetap kerdil c.pikiran dan afeksi yang beku e.ketidakmandirian
b.tidak ada solidaritas d.mengolahan persoalan yang dihadapi
9.Cara dalam menghadapi persoalan hidup adalah………….
a.berani, terbuka dan jujur c.cepat menyerah e.terbuka dan santai
b.suka bersungut-sungut d.cuek saja
10.Orang yang mengatakan dirinya rajin belajar tapi tugas-tugas dari gurunya jarang dikumpulkan
adalah contoh orang yang………
a.tidak teguh c.memakai topeng e.perfeksionis
b.cepat berbicara lambat bertindak e.pemalas
ULANGAN HARIAN KE-4 PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
KELAS X SEMESTER GENAP
1.Belajar tahap demi tahap dan mengerjakan tugas sampai tuntas adalah ciri-ciri orang yang……
a.patuh b.teguh c.ulet d.memakai topeng e.berani
2.Tolak ukur atau kriteria sebuah buku dikatakan bermutu adalah………
a.harus yang mahal c.memiliki nilai edukasi d.mengajarkan modernisasi
b.tidak memiliki otoritas hukum d.mendiskriminasikan suku, bangsa dan agama
3.Bentuk dari tindakan anti social adalah, kecuali………………
a.menghina pernikahan yang tidak terceraikan c.menganggap kuno kesucian hidup e.kurang jujur
b.melanggar janji setia antara suami dan isteri d.menjadi pemalas
4.Dalam setiap bagian dan waktu kehidupan manusia, akan selalu diperhadapkan dengan………..
a.pengambilan keputusan c.masalah e.kesulitan hidup
b.tantangan d.bisikan hati nurani
5.Di bawah ini yang merupakan ketidakjujuran adalah…………..
a.tidak menyalahkan teman c.tidak berkelit, mengakui kesalahan sendiri e.terbuka pada kritik
b.berkata ya atau tidaksesuai perasaan d.menyontek pada saat ulangan
6.Unsur-unsur yang penting dalam perkembangan diri ialah seperti berikut ini, kecuali…………….
a.keberanian b.optimisme c.keteguhan hati d.keterbukaan diri e.berbangga hati
7.Perkembangan dunia percetakan dewasa ini cenderung menerbitkan buku-buku yang……..
a.bagus dengan harga yang murah c.bagus dengan harga yang mahal e.bermutu dengan harga mahal
b.bagus dengan harga biasa d.yang sangat mendidik dengan harga murah
8.Di dalam mengambil keputusan, kita tidak boleh…..
a.mencari informasi kepada ahlinya sebelum memutuskan
b.menguji pro dan kontranya
c.diputuskan berdasarkan pilihan suara hati
d.tidak membeo kata orang lain
e.menjatuhkan keputusan kepada pilihan favorit kita saja
9.Setelah mengambil keputusan kita hendaknya………….
a.memikirkan untung ruginya lagi d.berpikiran jernih
b.bertanggung jawab atas konsekuensi putusannya e.mengambil tindakan yang tepat
c.berpuas hati atas pilihan kita
10.Tayangan-tayangan televisi yang dapat mengurangi ketajaman moral adalah……..
a.film-film documenter c.ekploitasi seks dalam iklan e.menggungkan kejahatan
b.humor yang tidak senonoh d.merendahkan moralitas
11.Cara untuk menghadapi tayangan-tayangan yang dapat mengurangi ketajaman pikiran moral tidak bisa dengan…
a.memiliki patokan dalam kebenaran moral d.lebih selektif dalam memilih
b.dengan pengawasan dan bimbingan orang tua e.sering menontonnya supaya punya pengalaman
c.tidak menontonnya
8.Anugerah istimewa yang diberikan Tuhan kepada manusia adalah……..
a.cinta kasih b.kesetiaan c.akal budi d.insting bertahan hidup e.kebaikan
9.Prioritasmu sebagai seorang siswa adalah……….
a.ikut berbagai perlombaan sekolah c.menemukan jati diri e.rajin belajar
b.mencari banyak sahabat d.rajin membantu orang tua
10.Yang bukan prioritasmu dalam belajar ialah……………
a.cukup tidur agar tetap segar dalam belajar d.mengumpulkan tugas tepat waktu
b.berkonsentrasi pada pelajaran di kelas e.membersihkan kamar setelah bangun tidur
c.memiliki rencana belajar
11.Sebagai seorang remaja yang menghadapi banyak konflik dalam perkembangan ke arah kedewasaan, di dalam menghadapi berbagai hal hendaknya memiliki pikiran yang………
a.mandiri b.tangguh c.kritis d.berafeksi e.matang
12.Pada malam sebelum ujian, kemu diperhadapkan dua pilihan. Yang pertama ialah belajar untuk ujian, yang kedua adalah datang ke pesta ulang tahun sahabat karibmu. Apakah yang harus kamu lakukan?
a.Pergi ke pesta saja, karena teman adalah segalanya
b.Belajar saja, jangan ke pesta, karena ini demi masa depan
c.Dari pada pusing memilih, lebih baik nonton TV atau jalan-jalan saja
d.Atur waktu sebaik mungkin untuk dapat belajar baru ke pesta
e.Habiskan waktu bersama teman selama ia berulang tahun
13.Seorang siswa yang sungguh-sungguh dalam belajar akan bermanfaat untuk……..
a.saat ini b.masa depannya c.dirinya dan keluarganya d.masa kini dan masa depannya e.masa lalunya
14.Sebuah kebebasan yang sejati dapat terjadi apabila ada……
a.tanggung jawab c.keseimbangan antara hak dan kewajiban e.sikap kritis
b.nilai-nilai moralnya d.integritasnya
15.Suatu sarana untuk menentukan manusia dalam berbuat baik adalah……..
a.pikiran b.perasaan c.bacaan d.tontonan e.tindakan
16.Tayangan-tayangan di televisi yang lebih mempunyai nilai edukasi adalah…………
a.film-film dokumenter b.telenovela c.sinetron d.iklan-iklan e.reality show
17.Bacaan-bacaan yang tidak mengembangkan nilai-nilai moral dan memiliki nilai edukasi diantaranya adalah…...
a.buku-buku roman b.ensiklopedi c.buku-buku pelajaran d.kamus bahasa e.buku PINTAR
18.Apakah tanggung jawab moralmu sebagai seorang remaja dalam menghadapi berbagai tayangan dan bacaan di media massa yang tidak mengembangkan nilai-nilai moral?
a.menjadi penikmatnya d.ikut demonstrasi dalam memperbaiki tayangan dan bacaan di media massa
b.jangan menonton TV e.mengetahui, mengontrol kodrat dan hasrat
c.membatasi jam menonton TV
19. A. Tidak merokok D. Banyak berbicara dan bertindak
B. Tidak omong jorok E. Tidur cukup selama 7-8 jam sehari
C. Tidak makan makanan yang membahayakan kesehatan F. Membuka hati lebar-lebar untuk dikritik
Manakah di antara poin-poin di atas yang harus kamu lakukan sebagai seorang siswa?
a. A, B, C, dan D b. A, B, C, D dan E c. A, B, C, D, dan F d. A, B, D, dan F e.A, B, C, E,dan F
20. Dalam sebuah cerita “Pekerja Sirkus” yang ada di buku paket Budi Pekerti, penerbit Grasindo halaman 21, merupakan contoh orang yang……..
a.berpikiran kritis b.tak berpendirian c.tak bisa memutuskan d.gampang terpengaruh e.sukses dalam hidup
22.Dampak dari pikiran yang tidak terbuka adalah…….
a.mati secara rohani dan intelektual c.tidak kritis e.tidak punya integritas
b.mati suara hatinya d.menjadi pribadi tidak tangguh
23.Mekanisme membentengi diri sendiri di kenal juga dengan istilah………..
a.self deny mechanism c.self defence mechanism e. self fence mechanism
b.defence self mechanism d.self deliverance mechanism
24. Tidak melaporkan teman yang ikut tawuran adalah contoh sikap……
a.tidak adil b.adil c.setia kawan d.tidak jujur e.tidak sopan
25.Menolong sesama yang membutuhkan merupakan salah satu contoh sikap……..
a.mengasihi sesama b.adil c.jujur d.tenggang rasa e.saling memiliki
ULANGAN HARIAN KE-5 PENDIDIKAN BUDI PEKERTI
KELAS X SEMESTER GENAP
1. Secara harfiah ”tata” artinya ....
a. aturan d. kelakuan
b. tindakan e. Sopan santun
c. perbuatan
2. Secara harfiah ”krama” artinya ....
a. adat d. kelakuan
b. aturan e. peraturan
c. norma
3. Kebiasaan pada diri seseorang muncul karena aksi dan reaksi ....
a. keturunan d. kelakuan
b. pergaulan e. peraturan
c. kecerdasan
4. Di bawah ini yang termasuk hal-hal yang mempengaruhi tata krama, kecuali ....
a. adat istiadat d. teknologi
b. falsafah negara e. keturunan
c. agama
5. Upacara bendera termasuk tata krama yang bersifat ....
a. lokal d. klasikal
b. nasional e. ritual
c. temporal
6. Masyarakat yang mempunyai kebiasaan menaruh tangan di dada setelah berjabat tangan adalah ....
a. Sunda d. Kalimantan
b. Aceh e. Madura
c. Batak
7. Bersalaman dengan mengatupkan tangan, saling menyentuh ujung jari lalu menarik tangan yang terkatup
Ke ujung hidung adalah kebiasaan masyarakat ....
a. Sunda d. Kalimantan
b. Aceh e. Madura
c. Batak
8. Jika pria berjalan dengan seorang wanita, posisi pria yang benar adalah ....
a. berdekatan dengan lalu lintas d. di depan
b. sebelah kiri e. di belakang
c. sebelah kanan
9. Tata cara makan yang bersifat umum dan baik menurut etika adalah ....
a. memindahkan kursi dengan cara mengangkatnya
b. menggeser kursi dengan cara mendorongnya
c. hendak duduk haruslah dari sebelah kiri kursi
d. selesai makan kursi dimiringkan sebelah kanan
e. mencicipi makanan dengan mengeluarkan suara
10. Tata cara makan yang tidak baik menurut etika adalah ....
a. berbicara setelah makanan ditelan
b. berbicara setelah bibir diusap bersih
c. alat makan digunakan berganti-ganti
d. setelah makan sendoknya diletakkan di bawah piring
e. air cuci tangan digunakan untuk membasahi ujung jari saja
11. Pengungkapan kejujuran, sebaiknya ....
a. apa adanya
b. sesuai kenyataan
c. menggunakan bahasa yang sopan
d. mengatakan yang benar walaupun menyakitkan
e. tepat sasaran pada permasalahan
12. Kita harus saling enghormati, dengan tujuan ....
a. terhindar dari perselisihan atau salah paham
b. ada salah satu pihak yang diuntungkan
c. orang lain tidak memperdulikan lagi harga dirinya
d. orang lain patuh dan tunduk pada kita
e. masing-masing orang mementingkan dirinya
13. Berikut ini adalah kunci pokok agar terjadi keserasian dalam pergaulan, kecuali ....
a. memperlakukan orang lain sebagaimana memperlakukan diri sendiri
b. hargailah orang lain menurut kedudukan sosialnya di masyarakat
c. anda harus membuka diri agar dikenal orang
d. bersikaplah percaya pada orang lain
e. bersikaplah dengan cinta dan sedia berkurban
14. Arti “sabar” menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah ....
a. tidak berinisiatip d. Berserah diri
b. puas diri e. Tidak bereaksi
c. tidak terburu nafsu
15. Hidup sederhana adalah ....
a. sesuai dengan tingkat sosial d. Selalu mengurangi belanja
b. sesuai dengan keinginan e. Jarang mengeluarkan uang
c. sesuai dengan kemampuan
16. Ukuran kesederhanaan seseorang adalah ....
a. gaya hidup dan kemampuan d. Kemampuan dan keinginan
b. kesadaran dan kepuasan e. Kemampuan dan kewajaran
c. kebutuhan dan kesenangan
17. Agar dapat berbuat jujur dan ikhlas kita perlu selalu mendengarkan apa yang menjadi kata atau pesan
Dari ....
a. teman dekat d. dorongan hati
b. orang tua e. hati nurani
c. para pemimpin
18. Supaya hidup kita aman dan tenteram, kita hendaknya mentaati ....
a. kemauan bersama d. kemauan golongan
b. kehendak orang lain e. hukum
c. kehendak sendiri
19. Hidup sederhana dapat pula dimaknai sebagai pola hidup yang ....
a. penuh bersahaja d. serba kekurangan
b. penuh penderitaan e. serba cukup
c. penuh perhitungan
20. Syarat utama untuk mempertahankan harga diri masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat adalah
a. menginginkan hak milik orang lain
b. berusaha menguasai orang lain
c. mengutamakan kepentingan pribadi
d. mempunyai kesadaran untuk saling menghormati
e. bekerja keras dan mempunyai karyawan yang banyak
21. Keserasian hubungan dengan sesama manusia dapat diciptakan melalui sikap ....
a. menolak perbedaan d. Pengendalian diri dan toleransi
b. mengabaikan orang lain e. Selalu setuju dengan pemimpin
c. memaksakan kehendak
22. Pedoman pergaulan hidup yang bersumber dari hati nurani manusia tentang baik dan buruk suatu perbuatan adalah ....
a. norma agama d. Norma hukum
b. norma iman e. Norma kesusilaan
c. norma kesopanan
23. Sifat-sifat bangsa Indonesia yang menonjol adalah seperti sifat di bawah ini, kecuali ....
a. gotong royong d. individualisme
b. tepo seliro e. tenggang rasa
c. suka menolong
24. Berikut ini yang bukan perilaku menjaga harga diri dan kehormatan bangsa adalah ....
a. mengagumi kelebihan seorang pemimpin
b. menghormati hak setiap orang
c. tidak sewenang-wenang terhadap sesama
d. menghindari perbuatan yang tidak terpuji
e. selalu mengutamakan kepentingan masyarakat
25. Kita harus saling menghormati harga diri masing-masing agar ....
a. ada salah satu pihak yang diuntungkan
b. terhindar dari perselisihan atau salah faham
c. orang lain tidak memperdulikan lagi harga dirinya
d orang lain patuh pada kita
e. masing-masing bangga akan dirinya
26. Menusia menempati urutan tertinggi derajatnya jika dibandingkan dengan makhluk lainnya, karena
Manusia diberi kelebihan oleh Tuhan berupa ....
a. penglihatan d. nafsu
b. pendengaran e. instinc
c. perasaan
27. Manfaat menjaga harga diri adalah ....
a. memiliki perilaku moral yang baik
b. memperoleh penghargaan
c. peduli terhadap setiap orang
d. disenangi dan dihormati
e. memiliki rasa tinggi hati
28. Manusia memiliki sifat Dwi Tunggal, mengandung makna manusia sebagai makhluk ....
a. mulia dan terhormat d. Pribadi dan individu
b. bermoral dan sosial e. Etika dan susila
c. individu dan sosial
29. Manfaat sikap mengendalikan diri bagi diri sendiri pribadi adalah ....
a. meningkatkan disiplin dan harga diri
b. dapat memahami perasaan orang lain
c. menciptakan ketentraman dan ketertiban
d. dapat memenuhi segala kebutuhan hidup
e. menjadi kepuasan dalam hidup
30. Mampu mengarahkan keinginan dan kemampuan kearah yang semestinya sesuai peraturan adalah
Makna dari ....
a. tanggung jawab d. Pengendalian diri
b. kedisiplinan diri e. toleransi
c. kebulatan tekad
31. Toleransi berasal dari bahasa latin, yaitu Tolerare yang berarti ....
a. menganggap sesuatu biasa saja
b. sikap sabar membiarkan sesuatu
c. sikap sabar menyatakan sesuatu
d. membiarkan sesuatu apa adanya
e. sikap menghormati orang lain
32. Disiplin yang baik lebih didasarkan pada faktor ....
a. kesadaran seseorang
b. keinginan untuk mendapat pujian
c. paksaan fihak lain
d. ketakutan pada sanksi hukum
e. keinginan agar dihargai atasan
33. Disiplin adalah ....
a. kepatuhanpada perintah orang tua
b. melakukan kehendak penguasa
c. ketaatan pada aturan dan tata tertib
d. menuruti perintah atasannya
e. ketaatan pada tokoh masyarakat
34. Berikut ini contoh perbuatan disiplin dalam keluarga,kecuali ....
a. membiasakan mengatur waktu dengan baik
b. memberi contoh tindakan disiplin
c. mentaati aturan dalam masyarakat
d. bertindak sopan pada orang tua
e. hidup teratur dan tertib
35. Tiga hal yang membedakan manusia dengan makhluk lain, yaitu ....
a. cipta, rasa, dan karsa
b. nafsu, naluri, dan jiwa
c. jasad, ruh, dan fisik
d. panca indera, nafsu, dan ruh
e. rasa, nafsu, dan naluri
Ä Untuk No. 36 sampai 39 adalah menurut Samuel Smiles.
36. Taburkanlah suatu kebiasaan maka kamu akan menuai ....
a. perbuatan d. kebiasaan
b. karakter e. pikiran
c. takdir
37. Taburkan suatu pikiran maka kamu akan menuai ....
a. perbuatan d. kebiasaan
b. karakter e. pikiran
c. takdir
38. Taburkan perbuatan maka kamu akan menuai ....
a. perbuatan d. kebiasaan
b. karakter e. pikiran
c. takdir
39. Taburkan karakter maka kamu akan menuai ....
a. perbuatan d. kebiasaan
b. karakter e. pikiran
c. takdir
40. Sesuatu yang kita lakukan secara berulang-ulang dinamakan ....
a. perbuatan d. kebiasaan
b. karakter e. pikiran
c. takdir
41. Pepatah tentang waktu menurut orang Arab adalah ....
a. waktu adalah uang d. Waktu adalah peluang
b. waktu adalah kesempatan e. waktu adalah kemajuan
c. waktu adalah pedang
42. Yang tidak termasuk kebiasaan buruk adalah ....
a. rendah diri d. Rendah hati
b. berfikir negatif e. Menyalahkan orang lain
c. bersikap pasif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar