Laman

Senin, 05 Desember 2011

ULANGAN HARIAN BP KLS X SEMESTER GANJIL


BUDI PEKERTI KLS X SEMESTER GANJIL
ULANGAN BLOK KE-1
1. Berikut ini adalah aspek-aspek dalam gambaran diri,  kecuali…..
    a. cita-cita b. kemampuan otak  c. peran keluarga  d. pekerjaan  e. studi
2. Dua faktor yang mempengaruhi gambaran diri adalah…
    a. lingkungan dan masyarakat    c. gen dan pembawaan                e. masyarakat dan keluarga
    b. gen dan lingkungan                 d. gen dan dari nenek moyang
 
3. Di bawah ini adalah 4 tipe watak yang ada, kecuali….
    a. Sanguinis  b. Plegmatis  c. Melancholis  d. Paralis  e. Kolerik
4. Ciri-ciri Sanguinis adalah seperti di bawah ini, kecuali…..
    a. tepat janji  b. optimis  c. gampang bergaul  d. suka tidak tepat janji  e. easy going
5. Ciri-ciri plegmatis adalah seperti di bawah ini, kecuali…..
    a. optimis    b. bisa diandalkan    c. tenang    d. tekun     e. tidak tepat janji
6. Ciri-ciri Melancholis  adalah seperti di bawah ini…
    a. periang dan bisa diandalkan    d. tidak tepat janji dan malas
    b. murung dan selalu was-was    e. easy going dan tenang
    c. tahan banting dan optimis
7. Sebuah ciri watak yang dimiliki oleh watak Choleris adalah…
    a. Suka berbagi  b. suka marah-marah  c. suka melamun  d. suka bergaul  e. suka jalan-jalan
8. Apakah kita dapat menemukan diri dan mengenalnya dengan baik jika percaya pada astrologi?
    a. Ya       b. Tidak      c. Ragu-ragu      d. Maybe yes, maybe no    e. Tergantung
9. Yang bukan menjadi alasan kita perlu mengenal diri lewat orang lain adalah…
    a. Kita tidak akan bebas dari pandangan orang lain
    b. Kita butuh orang lain sebagai cermin diri kita
    c. Orang lain dapat membantu dalam pembangunan diri kita
    d. Kita akan mendapatkan keuntungan secara materi
    e. Pandangan dan penilaian orang lain dapat mempengaruhi tingkah laku sosial kita

Untuk pertanyaan nomor 10-13 perhatikanlah gambar di bawah ini!





10.  Daerah A adalah….
a. Bagian ketidaksadaran    c. Bagian gelap/buta          e. daerah konflik jiwa
b. daerah pribadi                 d. daerah bebas
11. Daerah B adalah…..
a. Bagian ketidaksadaran    c. Bagian gelap/buta          e. daerah konflik jiwa
b. daerah pribadi                 d. daerah bebas
12. Daerah C adalah…..
a. Bagian ketidaksadaran    c. Bagian gelap/buta          e. daerah konflik jiwa
b. daerah pribadi                 d. daerah bebas
13. Daerah D adalah
a. Bagian ketidaksadaran    c. Bagian gelap/buta          e. daerah konflik jiwa
b. daerah pribadi                 d. daerah bebas
  14. Konsep diri adalah…….
      a. pola hidup pribadi                                       d. hasil prestasi, pemahaman diri 
      b. cara diri melangkah dengan kepercayaan   e. penentuan diri
      c. hasil evaluasi diri, suatu kepercayaan individual
15. Manfaat dari pengenalan kita akan gambar diri….
      a. sebagai unsur penentu dalam merencanakan masa depan
      b. dapat berpikir lebih maju
      c. supaya cepat kaya
      d. supaya selalu dipandang orang
      e. selalu mendapat keberuntungan
  
BUDI PEKERTI KLS X SEMESTER GANJIL
ULANGAN BLOK KE-2

ULANGAN HARIAN KE-2
1. Di bawah ini adalah prioritasmu sebagai seorang siswa, kecuali…
      a. belajar                                          d. mengerjakan tugas dari sekolah 
      b. mentaati peraturan di sekolah      e. membayar spp tepat waktu
      c.membantu orang tua
2. Manfaat dari disiplin diri adalah…….
      a. menjauhkan kemalasan dari kita                 d. membuat jadwal tambah padat   
      b. supaya banyak teman                                  e. supaya pikiran kita tenang
      c. dapat banyak fans
3. Disiplin diri dan tahu batas seperti……
      a. pinang dibelah 2                             d. 2 sisi mata uang      
      b. kembar siam                                   e. air di daun talas
      c. punguk merindukan bulan
4. Disiplin diri dan tahu batas dikatakan sebagai nilai-nilai yang universal, karena…..
      a. membuat kita hebat               
      b. keberadaannya menguntungkan diri sendiri dan orang lain
      c. sifatnya mengglobal
      d. memenuhi keinginan banyak orang 
      e. semua bisa melakukannya
5. Berikut ini adalah dampak dari perilaku tidak disiplin….
      a. kerugian pada jangka pendek dan jangka panjang
      b. punya integritas
      c. tidak dapat menjadi hebat
      d. wibawa kita hancur
      e. semakin pintar kelola waktu
6. Yang dimaksud istilah “moderation” adalah….
      a. tahu letak  b. tahu batas  c. tahu diri  d. tahu goreng  e. tahu kemampuan
7. Disiplin diri adalah……..
      a. latihan untuk berdisiplin
      b. mengajar kita berbuat banyak hal
      c. control diri untuk berbuat kebaikan
      d. militer diri
      e. kontrol dan latihan diri, syarat utama untuk mengembangkan diri secara terus-menerus
8. Yang bukan latihan-latihan disiplin diri adalah…..
      a. menyadari keterbatas waktu
      b. rencana harian sesuai dengan prioritas
      c. membuat prioritas-prioritas
      d. berusaha mencari solusi dari kendala-kendala prioritas kita
      e. sesekali prioritas dapat ditunda
9. Kesadaran akan disiplin diri akan mengarahkan seseorang pada suatu tujuan tertentu. Kesadaran itu dapat kita wujudkan dalam perilaku yang…..
      a. banyak  b. terus terang  c. konsisten  d. majemuk  e.  konstan
10. Contoh perilaku yang mencerminkan disiplin diri dapat kita lihat seperti di bawah ini, kecuali…..
      a. cukup tidur agar tetap segar selama belajar
      b. dapat berkonsentrasi pada pelajaran yang tidak disukai
      c. mengumpulkan tugas tepat waktu
      d. membersihkan kamar tanpa disuruh
      e. melakukan “sistem kebut semalam” dalam belajar

 BUDI PEKERTI KLS X SEMESTER GANJIL
ULANGAN BLOK KE-3

1. Jika kamu menemukan kendala-kendala dalam jenis kegiatan harian yang menjadi prioritas, tindakan yang harus kamu ambil adalah……
      a. menunda dahulu kegiatanmu               d. menghapus kegiatan tersebut dari jadwalmu
      b. mencari penggantinya                          e. pusing, tidak tahu harus berbuat apa
      c. dapatkan solusi atau pemecahannya 
2. Mengapa masa remaja dikatakan sebagai masa yang paling krusial?
      a. Karena diperhadapkan dengan tanggung jawab baru
      b. Harus bisa memecahkan semua masalah sendiri
      c. Masa-masa untuk mencari identitas diri
      d. Suka mencoba hal-hal baru
      e. Semua jawaban benar
3. Salah satu faktor penentu gambaran diri adalah lingkungan, di antaranya adalah, kecuali….
      a. nenek moyang  b. keluarga  c. sekolah  d. budaya  e. masyarakat
4. Faktor gen  dalam penentuan gambaran diri adalah…..
      a. faktor nenek moyangnya                  d. pengaruh dari teman-temannya 
      b. faktor keturunan dari orang tua        e. pengaruh budaya
      c. pengaruh dari sanak famili
5. Sebuah kunci dari proses perkembangan diri adalah….
      a. sibuk mengerjakan tugas  b. evaluasi diri  c. gambaran diri  d. konsep diri  e. percaya diri
6. Berikut ini adalah bukan bukti bahwa Anda lebih berkomitmen pada nilai-nilai dan menghormati diri sendiri ….
      a. sederhana  b.adil  c.rendah hati  d. bersikap sopan  e. sedikit bangga diri
7. Nilai-nilai yang perlu dikembangkan dalam hidup ini, kecuali….
      a. norma-norma  b. sikap  c. moral  d. rasa berbangga diri  e. sopan santun
8. Bukti bahwa Anda menghargai dan mencintai diri sendiri adalah….
      a. Mentato badan                                d. bekerja keras sampai lupa waktu 
      b. berpakaian yang terlalu minim       e. memakai narkoba
      c. menjaga kebersihan dan kerapian diri
9. Manfaat dari evaluasi diri adalah, kecuali……
      a. menantang masalah-masalah
      b. memperluas wawasan hidup
      c. memperluas lingkaran pergaulan
      d. mengembangkan kemampuan bergaul
      e. menjadi pribadi yang matang
10. Sebelum seseorang mampu menghargai orang lain, orang tersebut harus belajar…… terlebih dahulu.
      a. memaklumi                                c. berkomitmen                        e. berpikir matang
      b. menghargai diri sendiri             d. menghargai orang tuanya 
11. Pemeriksaan kesadaran diri adalah…..
      a. tes kejiwaan
      b. tes kesehatan
      c. tes kesadaran akan arti hidup
      d. merefleksikan kembali semua perilaku diri sambil menguji nilai, norma dan sopan santun bermasyarakat
      e. intropeksi akan semua tindakan kita sehari-hari
12. Istilah umum dari pemeriksaan akan kesadaran diri adalah self-acceptance, artinya adalah…
      a. percaya diri  b. mawas diri  c. menerima diri  d. bangga diri  e. pembangunan diri
13. Akibat dari tidak melakukan proses evaluasi dan refleksi diri, membuat kita….
      a. Menjadi mahluk “yes men”
      b. cenderung melangkah sendiri
      c. cenderung homogen
      d. jawaban a, c, dan e benar
      e. cenderung seragam
14. Dari kisah Robertus (dalam sebuah kasus pada Bab 3) seorang pelajar bekas pemakai narkoba, dampak apakah yang dialaminya setelah kembali dari  Rumah Sakit Ketergantungan Obat?
      a. Adiknya malu                   c. diusir oleh orang tua temannya             e. semua jawaban benar
      b. dikeluarkan dari sekolah  d. dibicarakan oleh teman-teman adiknya        

15. Bagaimanakah cara untuk menolong Robertus (dari soal di atas)….
      a. dibiarkan saja 
      b. mencari komunitas baru yang dapat menerimanya
      c. tidak menjauhinya 
      d. jawaban b dan c benar 
      e. selalu menasehatinya supaya jera

BUDI PEKERTI KLS X SEMESTER GANJIL
ULANGAN BLOK KE-4

1. Hal-hal yang dapat menggagalkan pencapaian cita-citamu adalah, kecuali…..
      a. sikap malas                                   d. tidak mengenal kelebihan dan kekurangan diri
      b. tidak melakukan evaluasi diri       e. kesialan dalam hidup
      c. tidak merumuskan prioritas
2. Dalam Pelajaran 4, Bung Karno suka memakai lambang…..
      a. banten ketaton            c. banteng beton            e. banteng moncong putih
      b. banteng keraton         d. banteng marathon        
3. Maksud dari gambar banteng tersebut  adalah (berhubungan dengan soal 42)…..
      a. banteng yang tidak mengenal putus asa          d. banteng penurut 
      b. banteng yang besar dan kuat                           e. banteng yang tak bisa mati
      c. banteng yang yang tua 
4. Semangat ingin lebih baik, semangat pantang mundur demi hidup yang baik disebut….
      a. magis  b. majik  c. maknik  d. semangat ’45  e. semangat berkobar
5. Jika kita ingin maju, mengikuti gerak pantang mundur, maka kita harus……
     a. mewujudkan nilai-nilai dan moral                           d. selalu bersabar dalam hidup
     b. jawaban a dan c benar                                              e. jawaban a, b dan d benar
     c. berperilaku baik dan bertindak menurut prioritas 
6. Hal-hal yang dapat mencemari nilai –nilai adalah, kecuali….
     a. pandangan-pandangan                           d. pikiran-pikiran yang sektoral
     b. pikiran-pikiran yang bersifat sempit     e. pikiran-pikiran yang tidak universal
     c.pikiran-pikiran yang mengglobal 
7. Nilai-nilai positif yang wajib diperjuangkan dalam hidup adalah…..
     a. keberanian                                             d. antusias 
     b. membela kebenaran                              e. jawaban a, b dan d benar semua
     c. jawaban a dan b saja yang benar
8. Tanggung jawab adalah…….
      a. kewajiban yang harus dilakukan
      b. tanggungan yang harus dijawab oleh kita
      c. tanggungan seseorang dalam hidup
      d. tuntutan untuk melakukan hak dan kewajiban
      e. melakukan tugas-tugas dan apa saja yang telah kita janjikan
9. Manfaat dari peraturan-peraturan yang telah dibuat adalah untuk melatih kita……
       a. jujur  b. punya integritas  c. disiplin  d. rajin  e. tabah
10. Berani mengubah perilaku, pikiran, sikap, tata nilai demi perkembangan diri merupakan nilai-nilai kehidupan yang perlu diperjuangkan untuk…….
      a. tidak jatuh                                     c. tetap bisa hidup                   e. kuat
      b. menjadi pribadi yang tangguh      d. memiliki integritas   
  
     
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar